Kerja Keras adalah Energi Kita

Kamis, 19 November 2009

Kerja Keras adalah Energi Kita

Kerja  keras adalah Energi Kita untuk mewujudkan Pertamina Clean. Pertamina  Clean yang telah dijalankan sejak Desember 2006, saat ini menjadi salah satu  program BTP ((Breakthrough  Project) yang mendukung percepatan program transformasi Pertamina  untuk mencapai tujuannya menjadi Perusahaan Minyak Kelas Dunia.
 


Sesuai dengan tujuannya Program Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean ini untuk menjadikan  Pertamina menjadi Perusahaan dengan lingkungan kerja yang bersih, etis,  transparan dan terpercaya.  Alasan  Pertamina menggelindingkan program Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean adalah  selain masih ada ‘beban sejarah’ di masa lalu.  Masyarakat masih memandang Pertamina sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang  bercitrakan KKN dalam pengelolaannya. Hal tersebut diakui sebagai bagian dari  sejarah Pertamina, walaupun tidak benar seluruhnya. Pertamina tahu dan sadar,  bahwa ia terlanjur memiliki reputasi yang kurang baik di mata masyarakat. Beban  tersebut laksana penyakit kronis yang menggeroti tubuh dan kalau dibiarkan bisa  membawa kematian. Clean adalah obat, adalah upaya pengobatan Dengan clean,  Pertamina yakin bisa menjadi perusahaan yang bisa dipercaya. Untuk membangun  citra  Pertamina sebagai perusahaan yang profesional dan terpercaya, maka  aspek clean atau “bersih” menjadi fondasi pertama dalam perubahan Pertamina.  Clean di sini berarti bersih, transparan dan terpercaya.

Program Kerja keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean dicanangkan untuk pencegahan KKN di tubuh Pertamina.  Selain kepada pekerja, program ini juga mencakup kepada vendor dan partner  bisnis Pertamina.  Kerja keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean adalah ikon, sekaligus identitas korporat Pertamina  dalam hal komitmen pemberantasan korupsi. Tanpa melawan korupsi, tanpa membersihkan  diri, dalam keyakinan pimpinan perusahaan dan anggota direksi lainnya, adalah  sulit bagi Pertamina untuk melakukan perubahan apapun. Memerangi korupsi bukan  perkara gampang. Itu disadari oleh Pertamina. Namun, melawan korupsi,  membersihkan diri dari korupsi serta praktek-praktek penyalahgunaan wewenang  lainnya, adalah pilihan antara hidup dan mati.

Dengan adanya Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean, menunjukkan bahwa  secara internal Pertamina saat ini berbeda dari Pertamina yang terdahulu. Dengan Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean memiliki dampak  psikologis baik ke dalam maupun keluar. Praktek-praktek berindikasi KKN yang  konon dulu “semarak” di Pertamina semakin terdesak oleh gerakan antikorupsi.  Untuk soal suap saja, kampanye antigratifikasi gencar dilakukan. Pertamina  memang tidak bisa melakukan sapu bersih ke penindakan untuk mereka yang  “tiarap” dan tercium indikasinya. Namun gerakan Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean adalah lebih pada  program pencegahan. Otoritas penindakan terhadap praktek korupsi berada di  tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian Republik Indonesia  (Polri), dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Komitmen untuk menjadi Pertamina  yang bersih bukan hanya sekadar ucapan semata. Pelaksanaan Kerja keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean adalah dengan melaksanakan tiga elemen Pertamina  Clean yaitu mengkomunikasikan program ini sendiri serta bagaimana implikasinya  terhadap pekerja, melatih para pekerja untuk dapat mengidentifikasi dan  memberikan respon terhadap adanya praktek korupsi di sekitar mereka serta  melakukan pencegahan korupsi dan memberikan hukuman bagi para pelakunya.

Sebagai wujud komitmen manajemen  terhadap Kerja keras adalah Energi Kita untuk pemberantasan KKN, seluruh  direksi Pertamina sejak tahun 2007 telah merumuskan dan menandatangani piagam  Prinsip-Prinsip Dasar Integritas Perusahaan guna mewujudkan Pertamina yang  bersih. Prinsip-prinsip dasar integritas perusahaan ini,  untuk digunakan sebagai pedoman oleh seluruh  jajaran korporasi yaitu bertindak jujur, dapat dipercaya, menghindari konflik  kepentingan dan tidak mentolerir suap. Setiap tahunnya ribuan pekerja juga  telah ikut menandatangani dukungan mereka terhadap Pertamina Clean. Hal ini  menunjukkan itikad baik dari semua pihak untuk sama–sama Kerja keras adalah Energi Kita mewujudkan  Pertamina yang bersih, sehingga dapat meningkatkan citra prositif  perusahaan.
Kerja Keras Adalah Energi Kita                                                                                                                                                



Hasil survei integritas pelayanan  publik yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2008, untuk  melihat adanya indikasi pengalaman korupsi (corruption experience) dan  potensial korupsi (corruption potential), di mana Pertamina dimasukkan dalam  kategori institusi pemerintah dengan skor integritas tertinggi, Hal ini merupakan  kabar baik bagi Pertamina yang patut disyukuri dan dipertahankan guna mencapai  tujuan menjadi perusahaan migas nasional berkelas dunia. Apresiasi dari KPK ini  membuktikan bahwa kiprah Pertamina dalam upaya Kerja  keras adalah Energi Kita untuk pemberantasan korupsi dan berperilaku  bersih, diakui pihak lain.

Dalam pengelolaan perusahaan  melalui program Kerja  keras adalah Energi Kita mewujudkan Pertamina Clean, Pertamina juga telah  berhasil mencapai kemajuan dalam meningkatkan transparansi dan integritas  perusahaan. Salah satu indikasinya adalah meningkatnya score Index Good  Corporate Governance Pertamina dari 63 menjadi 80.

Dengan melihat  kenyataan-kenyataan ini, saya berkeyakinan sekali bahwa pertamina kini, berbeda  dengan pertamina terdahulu. Komitmen untuk menjadi Pertamina yang bersih bukan  hanya sekadar ucapan semata dan menjadi lips service. Prestasi yang telah  ditunjukkan diatas setidaknya telah menunjukkan kesungguhan pertamina  memberantas KKN di lingkungannya secara serius. Inilah buah karya nyata dari Kerja  keras adalah Energi Kita mewujdukan Pertamina Clean.

Mari kita dukung terus program kerja keras adalah energi kita untuk mewujudkan Pertamina Clean, apabila Anda melihat indikasi praktek  penyelewengan seperti korupsi dan konflik kepentingan di Pertamina, anda para  blogger dapat melaporkannya melalui whistleblower system (Sistem penanganan  pengaduan). whistleblower system adalah sistem penanganan pengaduan yang tanggap, transparan, aman dan  bertanggung jawab, dimana kerahasiaan pelapor dijamin. Pelapor menyampaikan laporan dengan  menggunakan email resmi melalui Pertamina Clean icon di website atau langsung  ke Pertaminaclean@Pertamina.com.  Apabila tidak menggunakan email resmi, harus memberikan bukti awal yang bisa  ditindaklanjuti. Sistem Whistle Blowing sebagai kontrol internal terhadap  lingkungan sekitar yang melihat indikasi praktek penyelewengan seperti korupsi  dan konflik kepentingan.

Mari bersama kita mewujudkan  Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional kelas dunia yang BERSIH dengan menjadikan Kerja  keras adalah Energi Kita sebagai kekuatan pendorong.  Sehingga Pertamina dapat menjadi The Real  Power House, yaitu sebagai lokomotif penggerak gerbong-gerbong perekonomian di  Indonesia. Tidak hanya melalui aspek finansial tetapi juga melalui knowledge  sharing.

Untuk sahabat dan kawan-kawanku yang saat ini  bekerja di Pertamina, marilah kita renungkan bahwa sesungguhnya tugas mengelola  Pertamina adalah tugas mulia untuk terus berjuang dan mengabdi dalam mendorong  pergerakan perekonomian untuk kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.  Majulah terus Pertamina !. Jayalah Pertamina !. Kerja  keras adalah Energi Kita untuk Kejayaanh Bangsa.

    0 komentar:

    Posting Komentar